October 22, 2007

The Bartimaeus Trilogy #1: The Amulet of Samarkand

Posted in Buku at 12:47 am by anda07

cover-_1.jpg

The Bartimaeus Trilogy #1 : The Amulet of Samarkand

By Jonathan Stroud
Di alih bahasakan oleh Poppy Damayanti Chusfani
Editor Indah S. Pratidina
Berisi 511 halaman

Dalam buku ini pada intinya menceritakan tentang tokoh Bartimaeus dan Nathaniel. Disini menceritakan tentang penyihir yang memiliki kekuatan dari para demon, yang bila tanpa demon-demon itu maka para penyihir itu tidak ada apa-apanya, mereka cuma punya kemampuan memanggil demon-demon itu dengan media pentacle, lilin dan dupa + mantera (berbeda dengan kisah tentang “Harry Potter” yang bener-bener bisa sihir”). Senangnya aku baca buku ini karena saat Bartimaeus bercerita tentang sesuatu, akan ada komentar yang dituliskan dibagian bawah halaman-catatan kaki-dengan font yang lebih kecil sebagai ungkapan lain dari apa yang diceritakan sebelumnya. Seakan-akan merupakan ungkapan hati Bartimaeus dari apa yang diucapkannya. Yah… semacam penyangkalan atau penjelasan dari kalimat sebelumnya atau penyombongan dirinya.. Keren banget…. **kayak aku lah kalau bercerita, pasti nambah-nambah 😀 **

Nathaniel adalah seorang bocah-laki-laki-yang terpilih menjadi penyihir yang pada umur 5 tahun dijualserahkan oleh orang tuanya-seperti calon murid penyihir lainnya-ke Kementerian Tenaga Kerja dan kemudian diserahkan pada Arthur Underwood-sebagai master-untuk tinggal dan dididik menjadi penyihir. Untuk menjadi penyihir, identitas nya harus dihilangkan sampai-sampai nama lahirnya pun tidak boleh diberitahukan kepada orang lain (demi alasan keamanan, karena nama lahir berhubungan dengan sifat dasar dan tabiat mereka dan bila para demon mengetahui nama lahir ini maka demon bisa menguasai dan dapat menolak/mengembalikan keinginan penyihir) untuk selanjutnya diberi nama resmi setelah dianggap cukup umur untuk menyandang nama barunya. Dia dididik segala macam ilmu mulai dari matematika dasar, bahasa, geografi, sejarah, politik, musik, menggambar dan lain-lain sampe dengan ilmu tentang sihir itu sendiri. Namun karena rasa ingin taunya yang besar, dia menghabiskan waktunya hanya untuk membaca sehingga sebelum berumur 12 tahun-umur yang dianggap siap untuk memanggil demon-dia malah telah memanggil imp dan juga jin, Bartimaeus.
Inilah jeleknya dari Nathaniel, dia mempunyai sifat yang kurang bersahabat, terlalu merendahkan kemampuan masternya, kurang berpikir panjang, ga sabaran/gegabah, cengeng.. (yang pasti bisa bikin gregetan-kesel-klo baca)

Bartimaeus adalah demon yang berusia 5000 an tahun. Perlu diketahui, tingkatan demon antara lain-dari tingkatan tinggi-marid, afrit, jin, foliot,imp (ada yang lebih kuat dari marid namun ada juga yg lebih lemah dari imp). Bartimaeus merupakan jin yang bersifat agak sombong + banyak gaya tapi gaul… dilihat cara ngomongnya sie… ceria, sok tau dan suka jahil.. Dan mungkin bisa jadi menyebalkan bagi penyihir yang memanggilnya karena banyak omongnya itu. Tapi sesuai aja sih omongannya karena pengalaman nya yang sudah beribu-ribu tahun itu.

Aksi dari Nathaniel adalah memanggil Bartimaeus untuk mencuri Amulet Samarkand –jimat ampuh- yang ternyata berada di rumah Simon Lovelace yang merupakan seorang master penyihir. Saat memerintahkan ini, Nathaniel berumur 12 tahun namun belum memiliki nama resmi.

Amulet adalah jimat pelindung; benda yang menghalau -mengisap atau memantulkan- sihir/kekuatan jahat. Dibuat oleh seorang Shaman. Tidak dapat secara aktif dikontrol oleh pemiliknya. Amulet Samarkand ini dapat melindungi pemakainya, menyerap semua kekuatan sihir atau kekuatan demon yang menyerang si pemakai.

Aku sempat berpikir kenapa Nathaniel menyuruh Bartimaeus mencuri Amulet Samarkand dari Simon Lovalece padahal pengetahuan tentang Amulet ini sedikit…. Ternyata hal ini dilakukan sebagai tindakan balas dendam kepada Simon Lovalece karena Simon pernah mempermalukannya disaat pertemuan pertama mereka -Nathaniel berumur sepuluh tahun-dan sialnya masternya tidak membelanya tapi malah menghukumnya dan memecat guru kesayangannya, Ms. Lutyens. Terus kenapa dia tahu Amulet Samarkand ini ada pada Simon Lovalece?? Hal ini dia ketahui dari hasil pengintaian imp yang ditangkap ato dikurung oleh Nathaniel dalam suatu piringan yang dibuatnya sendiri. Dan terlihat disana kalau Simon membayar seseorang dengan jubah hitam-berdarah sepertinya-yang membawa Amulet ini-tepatnya mencurinya-dan Simon membayarnya.
Dengan melihat ini menambah keyakinan Nathaniel untuk mempermalukan Simon sebagai langkah balas dendamnya. Sampai akhirnya dia merasa siap untuk mencari pelayan nya dan terpilihlah Bartimaues.

Dia menyuruh Bartimaeus mencuri amulet samarkand yang selanjutnya diketahui kalau amulet ini dicuri dari pemerintah yang dijaga oleh Mr. Beecham, yang meninggal secara mengenaskan. Namun, pencurian amulet ini malah membawanya kemasalah yang lebih besar yang melibatkan masternya -Arthur Underwood dan istrinya, Marta- yang berujung pada kematian masternya tersebut. Dan juga membawanya kedalam rencana jahat Simon Lovelace dalam perebutan tahta Perdana Menteri London, Rupert Devereaux.

Tentang Simon Lovelace, merupakan seorang penyihir yang ambisius, dengan master bernama Maurice Schyler, kaya dengan rumah besar yang dilindungi oleh jaringan pertahanan- yang melindungi rumah bagai kubah-, tiga sentry-penjaga gaib-, imp, jin, dan berbagai proteksi sihir lainnya.

Ada juga sedikit diceritakan tentang Kitty dan teman-temannya, commoner -manusia biasa, bukan penyihir yang bisa melihat atau mengetahui keberadaan dari para demon dan sihir- yang oleh para penyihir disebut dengan kelompok resistance. Kelompok ini mencuri artefak-artefak/benda sihir yang maksudnya belum jelas diketahui.
Bagaimana trik-trik yang terjadi dan bagaimana cara Bartimaeus membantu dan menyelamatkan Nathaniel dapat dibaca langsung dari bukunya dan kujamin ga akan kecewa….
Juga bagi yang suka membaca sambil menghayalkan kejadian dari cerita yang dibaca, fantasinya pasti akan jalan deh… **kayak aku gitu hehehe…. lagi-lagi… 😀 ** Sipppp banget 🙂

Advertisements

9 Comments »

  1. warmorning said,

    oo ini toh, buku yg barusan diceritain mansup kemaren, ngebaca dsini udeh kebayang isinya hehe *bilang aje gak bisa beli skarang*, kalo ttg amulet etc. kayaknya mirip di game warcraft deh..

  2. manusiasuper said,

    *mijat mijat kening*

    3 hari baru dapet 20 halaman…

    Si Mina mau mbunuh saya kayaknya, masak minjemin buku segede pulau kembang gini??!! Langsung tiga-tiganya pula! BAHASA ENGGERES PULAK!! MamaMia Lezattos jadinya…

    Pinjem yg terjemahannya dunk Ann.?

  3. anna said,

    @warmorning: yup… mansup juga baca tuh **ehem**, ga perlu beli.. minjem ajah
    @mansup: enak ajah minjem… wong anna minjem juga hihihi… Lagian kau minjemnya yang B. Inggris nya sih… tadinya anna mo dipinjemin nya entar2 tunggu mansup baca dulu katanya, tp ternyata mansup mo yang B. Ing ituh.. Selamat deh anna 😀

  4. manusiasuper said,

    Saya beli yang versi Indonesia tadi malam… :((

    *mlototi mina sambil menangisi dompet*

  5. mina said,

    mansup jelek! 😀 kalo mau minjem bahasa Indo nya bilang dong, man, kan tak pinjemi Indo-nya tar. lagipula penulis skripsi berbahasa Inggris tentang struktur bahasanya buku Harry Potter menyerah membaca buku Bartimaeus? impossible deh.

  6. mina said,

    anceh, cepetan baca buku dua dan cepat pasang di sini! -lagi semangat abis kopdar sama anak2 KUBUGIL- 😀

  7. anna said,

    @mansup: wah, klo mansup dah dapet yg versi Indonesia, anna bakalan kalah cepet nih bacanya 😦

    @mina: sabar ka.. bentar lagiii…

  8. manusiasuper said,

    @ mina
    Aku bingung sama istilah magic-nya, imp, afrit, segala macem…
    Trus lagi sibuk juga, ga bisa konsen..
    Tapi dah mendingan kok, udah dapet dasarnya di buku pertama, jadi gampang baca yg keduanya biar enggeres juga..
    Tapi penilaian awal seh, Potter still better :mrgreen:

  9. yetty said,

    Pengen baca tp kykny ga sempat, bacakan dong mbak, rekam, trus kirimkan ke aq. He.he..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: