December 27, 2007

Novel Agatha Christie

Posted in Buku at 2:04 am by anda07

Akhir-akhir ini aku baca buku yang lumayan lama terbitannya.. Buku-buku detektif… Selama liburan beberapa hari, aku dapat baca 1 buku 1 hari.. lumayan lah 🙂 Kali ini aku punya stok 5 buku.. Kuceritakan mulai dari Agatha Christie yah…

setelah-pemakaman.jpgSetelah Pemakaman
Oleh Agatha Christie
Dialih bahasakan oleh Mareta
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama tahun 1978
Berisi 301 halaman

Cerita tentang suatu keluarga terhormat yang mana kakak tertua nya yang juga bertindak sebagai pengganti ayahnya-Richard Abernethie-meninggal dalam tidurnya.. Memang dia dah tua,, sakit-sakitan… apalagi setelah ditinggal meninggal mendadak oleh anak semata wayangnya.. penyakit nya semakin bertambah buruk. Diakhir-akhir usianya,, dia ingin mewariskan perusahaannya pada keluarganya yang lain, tetapi menurutnya tidak ada yang sesuai.. Adik-adik kandungnya yang masih hidup adalah Timothy Abernethie yang juga sakit-sakitan namun diyakini sebenarnya dia bisa/mampu untuk lebih kuat daripada keluhannya sendiri, hidup dengan istri yang sangat mencintainya dan malah memperlakukannya seperti menjaga anaknya sendiri, Maude; Cora Abernethie yang seorang pelukis yang gagal, hidup seorang diri setelah suaminya-yang tidak disetujui pernikahannya-meninggal ditemani oleh seorang pembantu-Nn. Gilchrist-yang terobsesi untuk membangun warung teh dan juga bisa melukis;
Juga diceritakan tentang keluarganya yang lain seperti iparnya Helen, istri dari Leo Abernethie; keponakannya Rosamund dan suaminya Michael Shane, Susan dan suaminya Gregory Banks, George
Kematian Richard Abernethie ini diduga oleh pengacara keluarga sebagai kematian yang kurang wajar, sesuai dengan kata-kata Cora saat pembagian warisan. Sehari sesudah pembagian warisan ini, Cora ditemukan dalam keadaan meninggal dengan cara di kapak beberapa kali…. Kejammm….

Pengacara keluarga ini menghubungi seorang detektif terkenal yang sebenarnya dah pensiun, Hercule Poirot… Seorang berkebangsaan Belgia yang tinggal di Perancis.. Dan sebenarnya, Detektif inilah yang berperan dalam cerita ini…

Tadinya aku berpikir, dan menerka-nerka kalau penyebab kematian ini adalah adanya perebutan warisan.. karena diawal-awal kisah diceritakan secara rinci tentang masing-masing tokoh yang sepertinya semuanya dalam kondisi kekurangan sehingga berpotensi untuk melakukan pembunuhan…
Tapi ternyata pembunuhan ini dilakukan oleh pembantu dari Cora. Kok bisa??? Itulah yang aku salut dengan Agatha Christie… Dia pinter memutar-mutar cerita seakan-akan akhirnya bukan disitu tapi ternyata disitu.. Nah lho…

Namun jangan salah, kematian Richard Abernethie ga ada hubungannya dengan pembantu ini. Pembantu ini mulai berperan saat pembagian warisan dengan menebar issue tentang kematian yang dibunuh.. Padahal yang dia bunuh adalah Cora… Motifnya??? Untuk mengambil lukisan Cora yang seharga 5000 pound untuk modal membuat warung teh. Bener-bener pembunuhan dengan motif yang terlalu biasa…. Kasihan banget tuh orang yaaa…

Oke deh.. selanjutnya ke buku yang kedua..

kubur-berkubah.jpgKubur Berkubah
Oleh Agatha Christie
Dialih bahasakan oleh Mareta
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama tahun 1984
Berisi 286 halaman

Buku ini sebenarnya yang kubaca duluan sebelum Setelah Kematian.. Dari judul, aku dah berpikir, apa hubungannya dengan Kubur Berkubah ini???? Sepintas disinggung tentang bangunan berkubah yang dibangun asal ajah hanya karena keinginan istri si pemilik rumah yang baru.

Kuceritakan dari awal deh ya…
Seorang penulis novel detektif terkenal, Ariadne Oliver, menelpon Hercule Poirot untuk datang ke Devon dengan alas an ada sesuatu yang membuatnya curiga terjadi di Devon. Ternyata disana, si punya rumah- Sir George Stubbs dan Lady Hattie Stubbs– mengadakan suatu acara permainan pelacakan pembunuhan dengan pembuat cerita adalah si penulis novel. Permainan ini dilakukan dilingkungan rumah dengan nantinya diharapkan yang ikut permainan akan menemukan korban yang meninggal.. ya tentu saja harusnya pura-pura meninggal.. tetapi ternyata,, korban benar-benar meninggal. Kenapa??? Itulah yang diungkap oleh Hercule Poirot.

Di kedua buku ini diceritakan cara Hercule Poirot menangani kasusnya adalah dengan banyak bicara, bertanya dan bercerita pada semua orang yang ada disaat-saat pembunuhan… Dari pembicaraan-pembicaraan orang-orang ini dia akhirnya bisa mengungkapkan siapa, bagaimana dan kenapa-dari ujung pangkal sampai akhir-terjadi pembunuhan itu. Dan untuk kali ini, aku benar menebak kalau pembunuhan ini ada hubungannya dengan bangunan berkubah.

Emang siapa yang dikubur dibangunan berkubah?? Korban pura-pura itu?? Bukan Lady Hattie Stubbs lah yang dikuburkan disitu. Nah… aneh kan… Aku juga bingung karena pengungkapan adanya pembunuhan ini agak menyimpang dari cerita awal, walau si pembunuh adalah sama, yaitu Sir George Stubbs. Motifnya adalah (1) untuk mengambil harta kekayaan Hattie –yang mana Hattie ini adalah cewe yang kurang pinter alias idiot- (2) setelah kekayaan didapat, Hattie dibunuh karena dia ingin memunculkan istri nya yang sebenarnya dah dia punya sebelum menikah dengan Hattie (3) membunuh Marlene-si gadis korban permainan pelacakan pembunuhan-karena Marlene memerasnya karena tau sesuatu tentang pembunuhan Hattie..
Cerita lengkap, baca sendiri hehehe..

Begitulah cerita-cerita detektif ini… Jujur, aku bingung kalau harus diminta menceritakannya… **emang siapa yang minta anna menceritakan???? Tau deh hehehehe**

Jadi teman-teman,, sebaiknya kalo ada cerita-cerita Agatha Christie, sebaiknya kalian baca sendiri deh ya… lebih mudah memahami sendiri daripada mendengarkan ceritaku… Makin bingung…. 😀

Advertisements

9 Comments »

  1. away said,

    pengen tuh baca novelnya, kebetulan aku emang suka sama cerita yang berhubungan dengan detektif

  2. stey said,

    dulu sempet suka agatha christie,cuma sekarang lagi males baca buku yang berat2 secara otak lagi dedel..hehe..

  3. Praditya said,

    Saya ndak punya bukunya… 😦

  4. ridu said,

    wew.. nampaknya bagus tuh buku.. boleh jadi bahan bacaan yg bagus niy 🙂

  5. mina said,

    review yang membingungkaaaaan! 😀
    spoiler pulak! :p

  6. anna said,

    @away: ayo baca…..
    @stey: masa sieh dah dedel otaknya????
    @praditya: ga perlu punya buku dit utk baca buku ini… minjem ajah… 😀
    @ridu: he eh.. bagus kok
    @mina: glek… iya,, bingung 😀

  7. fahmi said,

    salam kenal, boleh minta bantuannya ga? aku lagi butuh banget naskah novel kubur berkubah ini. aku udah cari di toko-toko buku dan rental tapi ga ada. susah banget carinya. padahal aku butuh novel ini buat tugas kuliah.

    kalo boleh aku minta tolong difotokopiin novel kubur berkubah ini trus dikirimin ke alamatku lewat pos. soal ongkos fotokopi,pengiriman, dll aku bersedia ganti, krm lewat rekening jg bisa.
    kutunggu balasannya ya.
    thanks.

    fahmi-yogyakarta
    oel_liel@yahoo.com

  8. fahmi said,

    salam kenal nih, aku fahmi dari Jogja. kebetulan aku lagi cari novel kubur berkubah buat skripsi, tapi cari-cari di jogja ga ada.mungkin udah ludes semua.jadi…boleh minta bantuan kamu ga? maksudnya aku minta tolong copyin novel itu trus kirim ke alamatku. bisa ga? butuh bantuan banget ni.
    tolong bales ya. ato kirim email ke aku.
    thanks banget.

    fahmi [ oel_liel@yahoo.com ]

  9. anna said,

    @ fahmi: salam kenal juga… maaf banget, anna juga minjem bukunya… langsung hubungin orang nya aja yah… dah kukasih tau alamatnya lewat email mu…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: