October 27, 2008

Eclipse

Posted in Gramedia Pustaka Utama at 11:53 am by anda07

Eclipse (Gerhana)
Oleh Stephenie Meyer
Dialih bahasakan oleh Monica Dwi Chresnayani
Editor Rosi L. Simamora
Diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama, September 2008
Sebanyak 688 halaman; 20 cm

Ini merupakan buku seri ketiga, yang mana sebelumnya telah terbit Twilight dan New Moon. Dan masih cerita tentang Isabella Swan, Edward Cullen (yang seorang vampir) dan Jacob Black (yang seorang Werewolf).

Sebagaimana yang tertulis pada cover belakang buku ini :

Bella yakin hanya mencintai Edward. Tapi benarkah begitu? Sebab sekali ini Jacob takkan tinggal diam; ia akan membuktikan kepada Bella, bahwa gadis itu juga mencintainya.

Ada sesuatu yang Edward tak ingin kuketahui. Sesuatu yang takkan pernah dirahasiakan Jacob dariku. Sesuatu yang membuat keluarga Cullen dan kawanan werewolf rela melakukan gencatan senjata dan bekerjasama bahu membahu…
Sesuatu yang kunanti-nantikan. Sesuatu yang meskipun tak pernah kuharapkan bakal terjadi, toh terjadi juga.

Di Seattle terjadi serangkaian pembunuhan misterius, sementara Victoria, vampir yang menyimpan kebencian terhadap Bella terus melanjutkan aksi balas dendamnya. Sekali lagi Bella menemukan dirinya terperangkap dalam bahaya. Di tengah-tengah semua itu, ia juga dipaksa untuk memilih antara cintanya kepada Edward dan persahabatannya dengan Jacob. Bella sadar, apa pun pilihannya nanti, itu bisa memicu pertempuran tanpa akhir antara vampir dan werewolf. Dan seolah-olah itu belum cukup berat, ada satu lagi keputusan penting yang harus diambilnya: kehidupan, ataukah kematian.

Bisakah menebak jalan cerita sebenarnya dengan hanya membaca sinopsis diatas? Susah tentu saja…
Intinya, di seri ini, Bella terjebak diantara beberapa pilihan. Sebenarnya dia sudah menentukan pilihannya saat jatuh cinta pada Edward-si vampir. Tapi, semakin hari, disaat keyakinannya bertambah dalam menguatkan hati untuk menjadi seorang vampir, dia mengetahui suatu legenda dari suku Quileute, dimana para werewolf yang berasal dari suku itu tidak akan membunuh atau berperang dengan para vampir apabila para vampir itu juga tidak menggigit apalagi membunuh manusia yang berada di Forks-tempat Bella berada sekarang.
Sedangkan apabila Bella tetap mau menjadi vampir, berarti salah satu vampir tersebut harus menggigit Bella terlebih dahulu dan itu pasti akan memunculkan peperangan antara vampir dengan werewolf, yang mana jauh dilubuk hatinya, Bella tidak ingin Jacob-si werewolf– dan Edward terluka.

Dilain pihak, saat Bella menyelamatkan Edward dari tangan keluarga Volturi di Italia (baca New Moon), dia sudah bersepakat akan mau menjadi seorang vampir asalkan Edward selamat. Dan keluarga Volturi ini-yang merupakan keluarga vampir terkuat- akan selalu memantau Bella, apakah sudah menjadi vampir juga atau belum.

Ditengah sedikit kebingungannya, Bella dihadapkan pada suatu keadaan juga, dimana Victoria-kekasihnya James yang dibunuh Edward (baca Twilight)- masih berusaha membunuh Bella sebagai aksi balas dendamnya pada Edward. Victoria melakukan aksi di Seattle dengan membunuh manusia-manusia untuk dijadikan pasukannya dalam memuluskan jalannya. Kejadian-kejadian ini membuat bingung para keluarga Cullen dan para werewolf juga. Dan saat pasukan itu sudah mendekati Forks, serta diketahui alasan sebenarnya dari pasukan itu, dua kubu ini bersatu melindungi Bella dan menumpas para vampir ini agar tidak masuk Forks.

Disinilah para vampir dan werewolf beraksi (walau sayangnya perkelahian vampir vs vampir, vampir vs werewolf tidak dijabarkan dengan jelas….. kurang seru jadinya, tidak sesuai perkiraanku), disini juga Victoria bertemu dengan Edward, berkelahi dan bisa ditebak pemenangnya adalah Edward, Victoria mati “berkeping-keping” **pemilihan kata yang salah sepertinya, kayak beling ajah 😀 **
Dan disaat ini juga hubungan antara Edward-Bella-Jacob makin memanas. Disini juga Bella menyadari bahawa jauh dilubuk hatinya dia mencintai Jacob tapi juga mencintai Edward.

Disatu sisi, Bella sangat beruntung disukai dan dicintai oleh 2 orang pria sekaligus. Tapi disisi lain, kasihan banget sih dia, kenapa yang mencintainya selalu ga beres…. Ya vampir lah, werewolf lah… Huihhh….. **geleng-geleng kepala**

Selesai untuk Eclipse —-> Tunggu lanjutannya di BREAKING DAWN

“Buku Ini Saya Rekomendasikan Untuk Dibaca”

Advertisements

18 Comments »

  1. […] Selanjutnya….. […]

  2. mina said,

    kita gak sabar ya nunggu Breaking Dawn. tapi dengan alasan berbeda. aku ingin baca tentang jacob! *gampar Bella*

  3. anda07 said,

    anna mo baca tentang emmet…. pasti dia tambah keren 😀

  4. cindy said,

    edward d best XD

  5. natalia said,

    kenapa yah bella mau menyukai jacob. padahal edward kan sangat mencintai bella.

  6. anda07 said,

    @cindy: yoii…

    @natalia: karena Jacob lebih bisa membuat Bella tertawa & bercanda… Kalo edward lebih keromantisnya..

  7. Febrina Novilia said,

    Sebaiknya Bella dengan Edward aja daripada Jacob.
    Soalnya mereka sangat cocok.
    Di lain pihak,ini semakin menarik.

  8. aaw said,

    EDWARD IS THE BEST HAHAHAHAH (L)

  9. santii said,

    yah,, gmana ya? dua-duanya bagus sih…
    slmat berpusing-pusing ya, Bella

  10. dini said,

    Aaaa,,,,,,edWard cuLLen kakkoi naa……….
    Hoshiiiiii…………………….^_^

  11. giva berlian said,

    duh, bella jangan tinggalin edward dong.
    edward tuh perfect bgt
    I LOVE VAMPIR like EDWARD.
    ahahaha…

  12. dIy said,

    kalo Bella ma Edward,,,,
    tu baru mantap…..

    Jacob ga ah…

  13. Ann said,

    Ksi tw iank laend lg y,. G sbr pgn bc agy,.

  14. Ann said,

    Bguz,. . . . . . . Pgend tw iank ln,. . . .

  15. Sauci said,

    Hohoho
    Kurasa smua ttang kebersamaan Bella-Edward, emang bener deh..
    Cz di Breaking Dawn, Bella tunangan dan berhasil menikah ama Edward dg mulus (semulus kulit na Edward) hehe..
    Tyus mereka punya anak namanya Renesme (penggabungan Renée-Esme) n tu anak setengah vampir gitu (kayak Inuyasha..?)
    Pokok na di saat Bella ngelairin anaknya, keadaannya tu dah parah banget.. Pas ngandung aja tulang rusuk Bella banyak yg patah (pokoknya tragis!).. So, pas Bella sekarat itulah, Edward ngubah Bella jadi vampir..

  16. chrizty said,

    EDWARD IS THE BEST….

  17. DICKY GRANGER said,

    I thaink that edward cullen is better than jacob because he can protect bella well..
    Thanks A Lot…
    One more
    Edward cullen ‘ cedric diggory ‘ robert pattinson,,
    Okkay….

  18. kenayu kamaranti said,

    edward cullen is the best vampire,i like edward,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: