February 14, 2009

Artemis Fowl

Posted in Gramedia Pustaka Utama at 8:19 am by anda07

200px-artemis_fowl_first_edition_coverArtemis Fowl
Oleh Eoin Colfer
Dialih bahasakan oleh B. Sendra Tanuwidjaja
Diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama, Mei 2005
Sebanyak 336 halaman; 20 cm.

Artemis Fowl miliuner jenius yang baru berusia dua belas tahun. Karena ingin mendapat emas, ia berhasil masuk ke dunia peri. Tapi ternyata peri-peri yang dihadapinya bukanlah seperti yang ada dalam dongeng. Peri-peri ini bersenjata dan berbahaya dan mereka mau melakukan apa saja untuk membebaskan teman mereka yang ditawan Artemis.

Tulisan diatas merupakan sinopsis dari cerita seluruh buku. Yup…. Artemis Fowl adalah seorang anak yang berumur 12 tahun namun mempunyai kecerdasan yang jauh melampaui usianya-jenius kalau kita bilang. Sejak hilangnya ayahnya dan berubahnya sikap ibunya-seperti gila yang pasif- membuat nya menjadi seorang miliuner cilik.

Dengan dibantu oleh pengawal/pembantunya Butler dan Juliet, yang memberi kepercayaan penuh, Artemis melakukan pencarian informasi tentang dunia peri yang konon katanya mempunyai harta berupa emas yang sangat besar jumlahnya. Sampai akhirnya dia menemukan cara yaitu dengan menculik peri yang berpengaruh untuk ditukar dengan emas. Dan tanpa diduga, ternyata Artemis menculik seorang peri yang merupakan anggota LEPrecon, cabang elite Lower Elements Police-Kepolisian Elemen Bawah- yang semacam garda nasional kali yahhh… Dia adalah Holly Short-peri wanita- yang sedang dalam perjalanan melakukan ritual, suatu kegiatan yang dilakukan peri untuk memulihkan kekuatan sihirnya dimana peri yang akan melakukan ritual harus kepermukaan bumi (dari tempat mereka yang tadinya jauh dibawah permukaan bumi), mencari pohon keramat bagi peri dan mengambil bibit pohon tersebut untuk ditanam dalam tanah.

Ditawannya Holly oleh Artemis menimbulkan kekacauan di dunia peri dan menimbulkan pertentangan-pertentangan, apakah bumi tempat para manusia dihancurkan dengan mengorbankan Holly atau bernegosiasi untuk membebaskan Holly.
Dari sini sangat terlihat kejeniusan Artemis.

Bagi yang membaca pasti akan merasa kagum banget dengan anak 12 tahun ini. Suatu cerita yang lain dari biasa, yang mana tokoh utama dalam buku ini adalah bisa dibilang seorang ”penjahat”nya. Dan juga buku ini bisa membawa kita berkhayal tentang bagaimana peri versi Eoin Colfer.

Selamat Berkhayallll…… 😀

gambar diambil dari wikipedia

Advertisements

3 Comments »

  1. […] lanjutannya […]

  2. mina said,

    gak sabaaaaar nunggu datangnya buku 2 (baru pesen).

  3. ManusiaSuper said,

    Kok pake pindah dulu kalo mau baca sambungannya neh? Kebetulan saya punya buku pertama, ada yang ngasih… Tapi yang selanjutnya da punya, yang ngasih sudah dendam sama saya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: