April 30, 2009

Artemis Fowl: The Eternity Code

Posted in Gramedia Pustaka Utama at 2:48 pm by anda07

Artemis Fowl: The Eternity Code
artemis_hijau Oleh Eoin Colfer
Dialih bahasakan oleh B. Sendra Tanuwidjaja
Diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama, Desember 2006
Sebanyak 424 halaman

Dari cover:
Artemis Fowl menciptakan komputer supercanggih dengan teknologi yang ”dipinjamnya” dari Kaum Peri. Di tangan yang salah, komputer C Cube itu bisa menimbulkan kekacauan fatal, baik bagi dunia manusia maupun peradaban peri.
Segalanya jadi kacau ketika Artemis memamerkannya pada pengusaha Amerika yang licik. Apalagi ketika Butler, pengawal profesionalnya yang terkenal tidak terkalahkan, tertembak.
C Cube dirampas si pengusaha dan disimpan di ruangan dengan pengamanan maksimum. Satu-satunya cara mendapatkannya kembali adalah meminta bantuan peri. Mereka setuju tapi dengan satu syarat: segala ingatan Artemis tentang Kaum Peri harus dihapus.

C Cube adalah suatu komputer yang dirancang oleh Artemis dengan gabungan antara teknologi manusia dan teknologi peri. Cube ini tersandi dengan Eternity Code-sandi abadi- dalam hard drive-nya. Omni sensor, sensor ini mampu membaca apa saja yang diinginkan. Cube ini mampu memindai apa saja, sampai ke dunia peri. Juga bisa memecahkan sandi apapun.

Cube ini rencananya ingin dijual oleh Artemis ke Jon Spiro, seorang Miliarder Teknologi Informasi yang sukses dengan masa lalu yang sukses dan kemungkinan punya koneksi dengan mafia. Namun karena sepakat dengan harganya maka Cube itu diambil paksa oleh Jon Spiro yang menyebabkan tertembaknya Butler-pengawal Artemis- oleh Arno Blunt-pengawal Jon Spiro.

Hal ini membuat Artemis syok, namun otaknya cepat berpikir untuk menyelamatkan Butler dengan langkah awal membekukan Butler-kriogenika. Dan satu-satunya yang terpikirkan olehnya yang bisa menyelamatkan Butler adalah para peri.

Dilain pihak, Kapten Holly yang sedang melakukan pengintaian di bumi karena adanya ping ke sistem komputer peri, mendengar ada seseorang yang menyebut-nyebut nama peri yang setelah diselidiki ternyata adalah Artemis. Akhirnya, dengan mengabaikan perintah atasannya, Holly menolong untuk menyembuhkan Butler.

Selanjutnya, usaha untuk mengambil Cube kembali, dengan perjanjian bahwa setelah Cube didapatkan maka semua orang yang terkait/mengetahui tentang peri ingatannya akan dihapus. Hanya menghapus sebagian ingatan yang berhubungan dengan peri saja.

Ditempat lain, Jon Spiro sepenuh tenaga dan pikiran untuk mencoba mengoperasikan Cube. Sampai akhirnya dia minta pertolongan mafia untuk menculik Artemis. Dan ternyata orang yang disuruh oleh mafia tersebut adalah -salah satunya- Mulch Diggums, kurcaci buronan yang telah mencuri emas peri. Saat tau kalau mafia ini ingin menculik Artemis, alih-alih membantu mafia, Mulch Diggums malah membocorkan rencananya ke Artemis.

Dari sini, dimulailah kerjasama manusia, peri dan kurcaci. Dan ketegangan pun dimulai. Mulai dari cara masuk ke markasnya Jon Spiro dengan manjat tembok, membobol pertahanan kantor itu yang ternyata sudah diketahui oleh Jon Spiro. Adu strategi, kecerdasan, dan kelicikan. Dan saat terakhir, ketika Artemis dan Butler bersaudara akan dihaDijamin seru deh hehehe…. Apalagi ada adiknya Butler yang dikit-dikit nonjok, kerennnnn…

Lanjutannya dibaca sendiri lebih oke deh… 😀

Advertisements

3 Comments »

  1. […] terusannya… […]

  2. 2nd said,

    asli seru banget ni buku cerita….
    kapan ya rilis terjemahannya the lost colony, buku yang keempat…
    hiks3….
    sudah begitu lamanya aq menunggu…

  3. anda07 said,

    iyah kerennn…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: