June 6, 2009

Gideon the Cutpurse: Para Penjelajah Waktu

Posted in Mizan at 8:58 am by anda07

The Gideon Trilogy, Gideon the Cutpurse: Para Penjelajah Waktu
gideon Karya Linda Buckley – Archer
Terbitan Simon and Schuster, 2006
Diterjemahkan dari Gideon the Cutpurse
Oleh Berliani M. Nugrahani
Penerbit Mizan, 2009
Sebanyak 511 halaman

Dari cover;
Akibat sebuah kecelakaan mesin anti-gravitasi, Peter dan Kate terlempar dari abad ke-21 dan terdampar di Inggris abad ke-18. Di tengah kebingungan mereka menghadapi dunia yang serba asing, seorang penjahat kawakan berjuluk Tar Man merebut mesin anti-gravitasi.
Untunglah mereka bertemu dengan Gideon si Cutpurse (Pencopet), yang membantu mereka mengejar Tar Man. Tapi ternyata masa lalu Gideon menghantui dan membahayakan mereka bertiga. Mampukah Peter dan Kate merebut mesin waktu itu dan kembali kea bad ke-21?

Yup, cerita di novel ini sudah tergambar pada sinopsis diatas, hanya sesimple itu ceritanya, usaha untuk kembali dari abad ke-18 ke abad 21 di Inggris. Sedangkan penjabarannya akan saya sampaikan sedikit disini.

Peter Schock, yang awalnya ingin merayakan ulang tahun dengan ayahnya berakhir dengan kekecewaan sebelum dimulai, karena kesekian kalinya ayahnya membatalkan acara itu karena ada urusan kantor, sampai akhirnya ia harus merayakan dengan pembantunya-Margrit- disebuah desa tempat temannya Margrit.
Disinilah dia bertemu dengan keluarga Dyer, diantaranya Katherine “Kate” Dyer.

Saat Peter, Kate, Molly-anjing Kate- berada di kantor Mr. Dyer dan diajak melihat-lihat mesin anti-gravitasi, tiba-tiba Molly ketakutan dan berlari di kantor itu. Peter dan Kate berusaha mengejar dan ternyata malah terperosok dalam mesin anti-gravitasi yang membawanya ke abad ke-18 tepatnya bulan Juli tahun 1763.
Mesin antigravitasinya juga terlempar ke abad 18 dan dibawa oleh Tar Man, yang mengatakan kepada Peter dan Kate kalau mereka menginginkan mesin itu kembali maka mereka harus menemui Tar Man di kedai yang bernama Black Lion Tavern di Covent Garden.

Tadinya mereka tidak sadar kalau mereka berada di abad ke 18 sampai mereka bertemu Gideon Seymour, seseorang yang melihat Tar Man membawa mesin anti gravitasi, yang juga berjanji untuk menolong mereka.
Saat memutuskan untuk mempercayakan hidup mereka pada Gideon, perjalanan pun dimulai. Dari bertemu Mrs. Byng dan keluarga yang memberi mereka pakaian, makanan dan mengantarkan mereka ke tujuan walau tidak tau tujuan mereka yang sebenarnya, bertemu dengan para penjahat yang merupakan anak buah Tar Man, bertemu dengan Raja dan Ratu Inggris saat itu sampai bertemu dengan Tar Man kembali.

Disetiap perjalanan membuat mereka sadar dan memahami dimana mereka berada, bagaimana mereka bisa memudar dan kembali berada di abad 21 walau cuma sebentar, bagaimana mereka bisa memberikan tanda/pesan pada orangtua mereka di abad 21.

Namun, mereka juga mengetahui fakta tentang Gideon Seymour yang ternyata dia adalah seorang pencuri ulung dan juga merupakan fatner dari Tar Man dibawah majikan yang sama yaitu Lord Luxon. Awalnya Gideon menjadi pencuri karena mempertahankan hidupnya untuk makan (hanya mencuri makanan) tapi setelah menjadi bawahan Lord Luxon, dia disuruh untuk mencuri hal-hal lain yang menguntungkan Lord Luxon. Saat Gideon tidak ingin lagi mencuri dan kabur, Lord Luxon menyuruh Tar Man untuk menangkap kembali dan menawan adik tiri Gideon.

Setibanya di London, sampai Peter dan Kate bisa bertemu dengan Tar Man bisa disebut sebagai sebuah keberuntungan atas bantuan oleh Gideon dan Tom-anak buah Tar Man-.
Namun tanpa disangka, ayah Kate telah mengetahui rahasia dari mesin anti-gravitasi sehingga bisa menyusul mereka ke abad 18.
Saat tiba saatnya untuk kembali, saat mesin sudah dihidupkan, Peter yang merasa Gideon adalah seorang teman yang sangat mengerti dirinya menjauh dari mesin untuk memeluk Gideon sebagai salam perpisahan tepat saat mesin sudah mulai bekerja, dan bersamaan dengan itu tempatnya digantikan oleh Tar Man yang ternyata sudah menunggu saat itu.
Akhirnya Peter tidak sempat masuk ke area kerja mesin dan kembali terjebak di abad 18 sedangkan Kate, Mr. Dyer dan Tar Man kembali ke abad 21.

——> The Gideon trilogy #2: Tar Man

Advertisements

1 Comment »


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: