January 27, 2010

Magyk

Posted in Matahati at 11:09 am by anda07

Karya Angie Saga
Diterjemahkankan oleh Febri Elviria
Diterbitkan oleh Penerbit Matahati, November 2007
Sebanyak 687 halaman

Ini adalah buku satu dari tetralogy Septimus Heap. Cerita tentang seorang anak yang bernama Septimus Heap, anak laki-laki ketujuh dari seorang ayah yang juga putra ketujuh yaitu Silas Heap dan ibunya Sarah Heap. Silas dan Sarah adalah penyihir. Suatu legenda bahwa anak laki-laki ketujuh dari putra ketujuh memiliki suatu magyk, kekuatan sihir yang hebat.

Secara singkat, beginilah ceritanya:

Suatu waktu, seorang bayi ditemukan oleh Silas Heap diatas salju di hari yang sama saat sang Ratu dikabarkan meninggal dan bayi -Septimus Heap- dinyatakan meninggal dan dibawa paksa oleh bidan yang merawatnya dan penyihir luar biasa-Alther- juga meninggal terbunuh digantikan oleh Marcia Overstrand-muridnya.
Bayi-yang ternyata perempuan- yang dibawa Silas diangkat anak oleh Sarah dan Silas dan sebagai pengobat kesedihan mereka dan diberi nama Jenna.

Sepuluh tahun kemudian, Jenna sangat terlihat jelas berbeda dari keenam kakak laki-lakinya yang semua bermata hijau cerah sedangkan Jenna bermata ungu. Hal ini akhirnya diketahui oleh Dom Daniel-necromancer jahat, mantan penyihir luar biasa yang dibunuh oleh Alther- yang merencanakan pembunuhan terhadap Jenna dan seluruh keluarga Heap. Untungnya Marcia mengetahui hal ini lebih dahulu dan melindungi Jenna di Menara penyihir. Namun menara penyihir pun dikuasai oleh Don Daniel sehingga dengan terpaksa harus membawa Jenna ke sebuah rawa-rawa Maram tempat tinggal seorang penyihir putih, Zelda Zanuba Heap, bibi dari anak-anak keluarga Heap.
Sebelumnya, Marcia dan Jenna sempat menolong seorang prajurit yang hampir mati kedinginan yang dipanggil oleh mereka dengan nama Bocah 412 (karena hanya nama itu yang disebutkan anak laki-laki itu).

Ditempat ini Marcia mengetahui ada kekuatan tersembunyi dalam tubuh bocah 412, dia memiliki kekuatan magyk alami. Marcia mengajarkan pada Jenna dan bocah 412 ilmu sihir.

Namun, Dom Daniel akhirnya mengetahui dimana Jenna berada dan menyerang tempat itu. Zelda menyuruh mereka bersembunyi di sebuah lorong dibawh rumah. Tanpa diketahui ternyata dilorong itu tersembunyi sebuah kapal naga yang telah ada disitu selama bertahun-tahun sejak ratu meninggal, menunggu untuk dibangunkan oleh seorang ratu lain dan disentuh oleh seorang penyihir yang mempunyai magyk alami.

Saat Jenna dan bocah 412 memasuki/menaiki kapal Naga, kapal itu bergerak dan berbicara-lewat pikiran- pada Jenna. Dan dengan bantuan kapal Naga itulah Jenna dan bocah 412 menghancurkan Dom Daniel.

Nah, kenapa bocah 412 selalu terkait dengan setiap bab cerita ini? Ya, bocah 412 adalah si Septimus Heap.
Tadinya dia tidak mengetahui asal-usul dirinya. Yang dia tahu, dia besar di sebuah tempat prajurit dan menjadi prajurit dengan nama bocah 412. Namun ternyata dia adalah si Septimus Heap. Dia diculik oleh bidan-kaki tangan Dom Daniel- yang mengatakannya sudah meninggal, namun pesuruh Dom Daniel salah dalam mengambil Septimus, yang diambil dan dianggap sebagai Septimus adalah anak kandung dari bidan itu sedangkan Septimus dianggap sebagai anak bidan (maksudnya — tertukar).

Begitulah asal usul dan awal dari kehidupan, cerita dan petualangan Septimus Heap.

Selanjutnya Buku 2 —–> Flyte

gambar dari sini

Advertisements

2 Comments »

  1. bookfreak said,

    penerjemahnya ga bagus! jadi saya susah ngertiin ceritanya šŸ˜¦

  2. dede saharani said,

    seru bgt buku ini sepertinya lebih menyenangkan jika di film kan!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: