January 27, 2010

Maximum Ride: The Final Warning

Posted in Gramedia Pustaka Utama at 10:38 am by anda07

Oleh James Patterson
Dialih bahasakan oleh Poppy Damayanti Chusfani
Diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama, Juni 2009
Sebanyak 320 halaman

Kalian tau, tadinya saya pikir Maximum Ride cuma sampai buku 3, ternyata masih ada buku 4 nya hehehe..
Oke, sebelum membaca buku ini saya menduga-duga, apa yang diceritakan oleh James Patterson, karena setahu saya Max dan kawan-kawan hanya bermusuhan dengan Itex, sedangkan Itex sudah dihancurkan pada cerita di buku 3. Setelah membaca buku ini-yang terdiri dari 74 bab dengan bab 34 yang hilang/tidak ada/kesalahan cetak kata pihak GPU- yahhh saya sedikit kecewa juga, karena aksi Max dan kawan-kawan kurang banyak bahkan mungkin sangat sedikit sekali.

Diawali dengan upacara pemakaman sederhana Ari, saudara satu ayah dengan Max. Dilanjutkan dengan pertemuan Max, Fang, Nudge, Iggy, Gasman, Angel, Total, Jeb dan dr. Martinez dengan pihak petinggi di Gedung Putih Washington. Niat para petinggi ini adalah untuk menyelamatkan/melindungi para kawanan dengan memberikan mereka sekolah khusus untuk para -bisa disebut- mutan untuk mereka tinggal. Para petinggi itu tidak tahu kalau sekolah ada suatu hal yang sangat menakutkan bagi Max dan kawan-kawan. Sehingga tentu saja mereka dengan tegas menolak.
Di Washington ini juga mereka sempat ingin dibunuh dengan cara meletakkan bom didalam pizza yang diketahui oleh Gasman tepat sebelum meledak sehingga mereka sempat menghindar dari ledakan.

Dr. Martinez akhirnya mempunyai ide dengan mengirim Max dan kawanannya mengikuti sebuah grup penelitian-Lembaga Sains Bumi Internasional- di sebuah “kapal penelitian” yang bernama Wendy K yang meneliti pemanasan global di Antartika. Disini ada beberapa kejadian, diantaranya Iggy yang bisa melihat bila berada disekeliling warna putih, Total yang jatuh cinta pada seekor anjing Malamut-bernama Akila. Dan sebelumnya, Fang bisa menghilang bila dia diam tak bergerak, Iggy yang bisa mengenali warna benda hanya dengan menyentuhnya tanpa melihat-tentu saja karena dia buta-, Angel yang bisa berubah bentuk, dan Nudge yang bisa menarik besi/baja-semacam mempunyai kekuatan magnet.
Di kapal ini juga ada kecemburuan Max terhadap dr. Brigid Dwyer-mantan murid dr. Martinez- yang sepertinya sangat dikagumi oleh Fang.

Setelah beberapa waktu di Antartika, terjadilah kejadian penculikan terhadap ke enam kawanan ini+Akila. Bukannya mereka tidak melawan, tetapi penyergapan dilakukan saat badai salju dan saat Max, Fang, Nagel, Total dan Akila terjebak di badai salju tersebut dan sudah dalam keadaan hipotermia. Penculikan ini dilakukan oleh robot yang diprogram untuk membunuh yang sangat sensitif terhadap gerakan ancaman bernama Gozen. Penculikan ini didalangi oleh Uber Direktur, seorang yang cukup menjijikkan. Kurasa tadinya manusia namun tidak bertahan hidup lalu ditopang oleh selang-selang + alat-alat mekanis sehingga tubuhnya perpaduan alat-alat elektronik + bagian-bagian tubuh yang terbuka dengan tidak lazimnya. Niat utama Uber Direktur adalah untuk menjual Max dan kawan-kawan pada para penjahat diseluruh dunia dengan melelang mereka di Miami. Jadilah Max dan kawanan dibawa dari Antartika ke Miami.

Hari pelelangan, saat itu terjadi angin topan kategori empat sampai lima yang berarti kota sudah dievakuasi sedangkan yang tertinggal hanya Max dan kawanan serta Uber Direktur dan serdadu robotnya. Dan saat mau dilakukan penawaran, angina topan itu menerjang gedung tempat Max berada. Jadilah mereka diselamatkan oleh angin topan dari cengkeraman Uber Direktur namun terjebak dalam pusaran angin sampai akhirnnya mereka berada dipusat angin dan selamat lahhh………

Sedangkan si Uber Direktur masih terputar-putar di angin topan namun dalam keadaan aman karena dipegangi oleh Gozen yang sangat berat. Max melihatnya, lalu dia menghancurkan Uber dengan menendangnya sehingga terlepas dari Gozen dan hancur berkeping-keping.

Tidak ada aksi yang memukau.. hanya begitu saja.

Untuk Maximum Ride #4 ini, saya hanya memberi 2 dari 5 bintang. Sorryyyyy……….

gambar dari sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: